Tanaman kacang panjang (Vigna sesquipedalis L. Fruiwth)


Taken by Efi

               Siapa yang tak kenal tanaman kacang panjang. Tanaman yang bisa dimanfaatkan daun maupun buahnya. Yuk sekilas tahu morfologi dan klasifikasinya. Klasifikasi tanaman kacang panjang.
 Kingdom : Plantae
 Divisi       : Spermatophyta
 Kelas        : Angiospermae
 Subkelas   : Dicotyledonae
 Ordo         : Rosales
 Famili       : Leguminoceae
 Genus        : Vigna
 Spesies      : Vigna sesquipedalis L.Fruiwth
Kacang panjang merupakan sayuran yang dapat dimakan baik daun maupun buahnya. Morfologi bagian tanaman kacang panjang meliputi akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
a.       Akar
Akar tanaman kacang panjang terdiri dari akar tunggang, akar cabang, dan akar serabut. Perakaran tanaman dapat mencapai kedalaman 60 cm dan dapat bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium sp membentuk bintil akar di sekitar pangkal akar, yang berperan mengikat nitrogen dari udara.
b.      Batang
Batang tanaman kacang panjang berbuku–buku, berbulu,  berwarna hijau, tumbuh ke atas, dan membelit ke arah kanan pada tegakan.
c.       Daun
Daun tanaman kacang panjang berwarna hijau muda sampai hijau tua, merupakan daun majemuk, melekat pada tangkai daun. Setiap satu tangkai terdapat tiga helai daun. Dua helai daun terletak bersebelahan, dan satu helai berada di ujung tangkai. Anak daun tipis, berbentuk hati, bagian pangkal lebar dan bagian ujung meruncing, serta terasa kasar saat diraba.
d.      Bunga
Bunga tanaman kacang panjang berbentuk kupu–kupu, terletak pada ujung tangkai, serta tidak tumbuh dan mekar serentak. Panjang tangkai bunga ±40 cm. Satu tangkai terdapat 4–6 kuntum bunga, setiap kuntum memiliki tiga daun mahkota. Dua daun mahkota terletak bersebelahan, sedangkan satu daun mahkota terletak di bawah. Warna bunga putih, kuning, atau kebiru–biruan, mempunyai benang sari dan kepala putik.
e.       Buah
Buah kacang panjang berbentuk polong panjang dan ramping, berwarna hijau keputihan, hijau, merah, atau kemerah–merahan. Pada satu tangkai terdapat 1–3 buah.
f.       Biji
Biji kacang panjang berbentuk bulat memanjang atau pipih. Bagian tengah biji terdapat bekas tangkai yang menghubungkan antara biji dan kulit buah. Kulit biji tua berwarna putih, merah keputihan, coklat, dan hitam. Pada satu polong terdapat ±15 biji tergantung panjang polong.

Referensi : Setijo Pitojo. (2006). Benih Kacang Panjang : Menjawab Kebutuhan Teknik Penyediaan Benih Berkualitas Tinggi dan Bersertifikat. Yogyakarta: Kanisius.

Comments

Popular posts from this blog

Mikrobiologi : Nutrisi Mikroba

Biologi Perkembangan Tumbuhan : Perkecambahan Serbuk Sari

Biologi Perkembangan Tumbuhan : Perkembangbiakan Vegetatif Melati Air